Thursday, October 6, 2016

Mencegah Malware / Virus di Android - Tips & Trick Android

Mencegah Malware / Virus di Android

Malware, atau yang lebih umum disebut VIRUS menjadi sesuatu yang sangat mengganggu ketika sudah menyebar dan merusak sistem. Hal itu bisa terjadi di apa saja, Komputer, Android bahkan manusia pun bisa menjadi sasaran Virus. 
Sebenarnya Android merupakan sistem operasi yang sudah sangat baik, bahkan dari segi keamanan pun sudah difikirkan oleh "Google" sebagai pengembang Android. Namun sebaik apapun sistem operasi ada sisi kelemahan / bugs, ataupun kelalaian dari pengguna yang dilakukan secara sengaja atau tidak sengaja. Untuk mencegah virus memanfaatkan celah dari keamanan tersebut, berikut ini Room Rom akan memberikan beberapa tips yang mungkin berguna bagi Anda.

Tips Mencegah Malware / Virus di Android

1.Gunakan Anti Virus

Walaupun beberapa Anti Virus dapat mengurangi kinerja perangkat Anda karena memakan Ram yang lumayan besar, namun penggunaan Anti Virus dianjurkan juga sebagai pencegahan. Saran kami, pilihlah Antivirus yang ringan agar tidak terlalu mengurangi kinerja perangkat Anroid Anda. Satu yang sangat penting, selalu update Antivirus Anda. Hal ini berlaku bagi Android ataupun Komputer karena Antivirus yang tidak update malah dapat dijadikan alat untuk menyebarkan Virus.

Mencegah Virus Android

2. Selalu Download Aplikasi dari Play Store

Play Store merupakan tempatnya download aplikasi resmi yang disediakan Google untuk pengguna Android. Untuk itu, Download dan pasanglah Aplikasi selalu dari playstore!! berhati-hatilah ketika menginstall aplikasi dari sumber tak terpecaya / file Apk karena file-file tersebut bisa saja disisipkan Virus/malware oleh uploader file tersebut.

3. Perhatikan Permission Aplikasi

Ketika menginstall Aplikasi, biasanya akan ada permission Aplikasi sebagai peringatan pengguna bahwa aplikasi tersebut diperbolehkan mengakses yang diperlukan aplikasi tersebut. Anda harus selalu perhatikan apakah aplikasi tersebut wajar dalam meminta akses ke yang diminta aplikasi tersebut. 

4. Hati-hati dalam penggunaan Wifi Publik

Internet Gratis siapa sih yang ga mau?? Namun Anda harus berhati-hati juga, jangan sembarangan connect ke wifi yang gratis karena bisa jadi ada seseorang yang berniat untuk menyebarkan virus via wifi publik tersebut. Pastikan wifi publik tersebut terpercaya.

5. Update Perangkat Android Anda

Tak hanya Antivirus, Usahakan sistem operasi Android Anda pun selalu diperbarui, karena biasanya pembaruan sistem akan mengurangi bugs / kesalahan-kesalahan ataupun celah keamanan yang ada diperangkat Android Anda.

Itulah Tips Mencegah Malware / Virus di Android untuk melindungi perangkat Anda dari serangan virus / Malware yang dapat merusak sistem  / mengambil data pribadi Android kesayangan Anda.

No comments:

Post a Comment