Friday, January 22, 2016

Tips membeli smartphone bekas / second

Punya budget minim tapi pengen Smartphone dengan spesifikasi diatas rata-rata yang sesuai dengan budget kamu?? Itu mungkin keinginan hampir semua orang, dan pilihan yang diambil biasanya membeli Smartphone bekas / second. Walaupun membeli Smartphone bekas bisa menghemat dan menguntungkan karena spesifikasi yang didapat lumayan tinggi, namun Kamu perlu hati-hati!! Karena orang yang menjual smartphonenya ada 3 kemungkinan, Pengguna sudah bosan dan ingin mengganti yang baru, butuh uang, atau yang terakhir adalah karena Smartphonenya bermasalah. Untuk yang no 1 dan 2, kamu pasti akan sangat beruntung mendapatkannya dan dipastikan Smartphone tersebut kondisinya bagus. Nah, untuk kemungkinan yang ketiga Anda harus benar-benar waspada... Untuk itu, kali ini Room Rom akan memberikan Tips buat Anda yang ingin membeli smartphone bekas / second.

Tips membeli smartphone bekas / second :

 

Periksa kelengkapan Smartphone

Cek kelengkapan dari smartphone yang akan Kamu beli. Antara lain, Dus, charger, headset dan lainnya yang tersedia untuk Smartphone tersebut. Jangan lupa cocokkan No IMEI yang ada di perangkat dengan yang ada di dus.

Periksa Kondisi Segel

Cek segel yang ada pada smartphone, Kamu bisa lihat di baut-baut yang ada di perangkat. Tujuan dari pengecekan ini untuk memastikan apakah perangkat yang Kamu beli sudah pernah diservice atau belum. Jika segel sudah rusak, berarti Smartphone tersebut sudah pernah dibongkar / diservice.

Periksa Kondisi Fisik

Untuk pengecekan ini, Kamu tidak perlu keahlian khusus. Cukup pakai feeling aja, lihat kondisi layar, kamera casing, dll. Apakah ada yang cacat atau tidak.

Periksa Spesifikasi yang dimiliki

Ini sangat penting, jangan sampai Kamu dikelabui oleh yang penjual. Cek Spesifikasi Smartphone yang akan kamu beli, sesuaikah dengan Merk tersebut. Dikhawatirkan Smartphone yang akan Kamu beli adalah Replika. Jadi jangan tertipu oleh kondisi fisik saja.

Periksa konektivitas

Beberapa konektivitas yang wajib Anda periksa adalah Bluetooth, WiFi, dan Koneksi data. Menguji Bluetooth bisa dengan cara melakukan pairing atau mengirim gambar. Memeriksa WiFi bisa menggunakannya untuk masuk ke jaringan WiFi tertentu. Sedangkan untuk memeriksa koneksi data, coba ganti dulu dengan kartu sim yang biasa Kamu pakai. Jika ingin praktis, gunakan aplikasi Trigger yang tersedia gratis di Google Play.

Periksa port dan slot yang tersedia

Periksa fungsi dari seluruh port dan slot yang tersedia pada smartphone, yaitu port charger, jack audio, slot SIM card, dan slot microSD. Hal ini sangat penting dilakukan, terutama jika smartphone yang Anda beli adalah smartphone anti air yang mungkin saja pernah diajak �bermain air� oleh pemilik lamanya sehingga lebih rentan rusak.

Periksa kamera

Untuk memeriksa kamera, bisa dengan mencoba memotret dan melihat hasil jepretannya, Kamu juga harus memastikan bahwa kamera smartphone yang hendak Anda beli bisa menampilkan warna dengan normal. Caranya yakni dengan memotret obyek berwarna hitam pekat. Atau bisa menutup lensa kamera dengan tangan, lalu lihat di layar smartphone apakah warna yang ditampilkan sesuai dengan yang seharusnya, yakni hitam pekat atau justru menampilkan warna ungu yang artinya kamera sudah tidak normal. Jangan lupa pula untuk memeriksa fitur autofocus kamera dan lampu flashnya

Periksa kondisi baterai

Baterai pada smartphone memiliki umur pemakaian dan pengisian. Biasanya, baterai smartphone dirancang untuk bisa melewati proses pengisian daya hingga 1.000x. Jika Anda mengisi baterai sehari sekali, logikanya baterai tersebut bisa berfungsi normal hingga 1.000 hari atau kurang lebih tiga tahun.

Memeriksa baterai bisa dilakukan dengan melakukan pengisian daya. Sedangkan untuk memeriksa ketahanan baterai dan memastikan baterai tidak bocor, Anda perlu memeriksa status kesehatan baterai. Caranya yakni buka aplikasi telepon, masukkan kombinasi kode dan angka *#*#4636#*#* lalu pilih menu Battery info.

Cek Harga Pasaran

Jika semua hal diatas sudah Kamu lakukan, jangan lupa untuk cek harga pasaran Smartphone tersebut. Kamu harus update dengan harga pasaran terbaru, karena penurunan harga Smartphone sangatlah cepat.

Semoga Tips membeli smartphone bekas / second ini dapat membantu sobat Room Rom ketika ingin membeli Smartphone bekas dengan kualitas seperti baru.
Baca juga : Install OS Android di PC dengan remix OS

No comments:

Post a Comment