6 Tips agar Android tidak lemot

8:33 AM
Android sudah menjadi teman kita setiap kemana kita pergi. Banyak hal yang bisa dilakukan oleh Android. Namun satu yang jadi problem, yaitu Android tiba-tiba saja lemot sehingga menghambat kinerja Android itu sendiri. Bagi yang Ramnya minim, Ram dibawah 1 Gb pasti masalah lemot ini akan sering muncul.
Sebelum Room Rom memberikan beberapa Tips untuk Android Kamu supaya tidak lemot, Kamu harus tahu dulu penyebab dari penurunan kinerja tersebut. Android untuk menjalankan aplikasi menggunakan yang namanya Random Access Memory (Ram). Semakin besar Ram, semakin banyak pula aplikasi yang bisa dijalankan oleh Android. Yang jadi masalah adalah kebanyakan pengguna banyak menginstall Aplikasi tanpa memikirkan beban maksimum yang dimiliki perangkatnya.
Jika kamu sudah mengetahui penyebab dari Android yang lemot, berikut ini Room Rom akan berikan solusi agar Android kamu tidak lemot lagi.

6 Tips agar Android tidak lemot

 

1. Seleksi Aplikasi yang Kamu Install

Seperti yang tadi dijelaskan diatas, ketika menginstall Aplikasi pertimbangkan beban Ram kamu. Karena ketika kamu menginstall aplikasi terutama yang selalu berjalan di background akan selalu terus membebani Ram kamu. Jadi disarankan jangan terlalu banyak install aplikasi, pilihlah aplikasi yang benar-benar sering kamu gunakan.

2. Matikan Live Wallpaper

 Live wallpaper memang keren ketika Kamu gunakan. Namun yang perlu Kamu ketahui adalah Wallpaper tersebut berjalan terus di background dan tentu saja itu akan menambah kinerja Android kamu. Sebaiknya pakailah wallpaper yang sederhana agar Android bisa bekerja lebih ringan

3. Jangan gunakan Aplikasi launcher tambahan

Semua Android pasti sudah menggunakan Launcher bawaan dari produsen Android itu sendiri. Namun untuk menambah keren Android biasanya pengguna menginstall Aplikasi launcher tambahan yang saat ini semakin banyak di Play Store. Tampilan yang beraneka ragam membuat banyak pengguna tertarik untuk menginstall Aplikasi-aplikasi launcher tersebut. Bahkan tak jarang yang menginstall lebih dari satu launcher.
Efek dari banyaknya launcher tambahan tersebut tentunya akan menambah kinerja Ram dan Processor dari Android kamu. dan launcher yang tidak digunakan akan sia-sia namun tetap menambah beban karena berjalan di background.

4. Hilangkan widget yang tidak perlu

Seperti Live Wallpaper, Widget pun banyak menambah kinerja Ram. Semakin banyak widget yang Kamu gunakan tentu saja beban Android Kamu akan bertambah. Sebaiknya gunakan widget seperlunya agar perangkat Kamu lebih ringan.

5.  Bersihkan file-file sampah

File-file sampah / cache akan mengganggu kinerja Android Kamu walaupun tidak terlalu signifikan kelihatannya. Untuk membersihkannya, kamu bisa menggunakan Aplikasi cleaner yang saat ini sudah banyak bertebaran di Play Store. Clean Master atau Du Speed Booster adalah yang paling banyak dipakai, karena simple dan lumayan efektif untuk membersihkan file-file sampah.

6. Gunakan Greenify (Untuk Android yang telah diroot)

Bagi kamu yang Androidnya sudah diroot, disarankan menginstall Aplikasi Greenify. Aplikasi ini berfungsi untuk menyeleksi Aplikasi yang berjalan di background. Jadi kamu bisa menyesuaikan Aplikasi apa saja yang berjalan di Background sesuai keinginan kamu. Walaupun Kamu menginstall banyak Aplikasi, jika tidak berjalan di Background maka tidak akan begitu bermasalah.

Itulah 6 Tips agar Android tidak lemot versi Room Rom. Kini Anda tidak perlu khawatir lemot lagi ketika menggunakan perangkat Anda seperti menelpon, sms, ataupun bermain game seperti Clash Royale terbaru
Baca juga : Cara mengembalikan file yang terhapus

Bagikan :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Galib01 ✔