Android 6.0 Marshmallow : Versi terbaru Android

6:19 AM
Akhirnya, setelah sekian lama nama M untuk versi Android teranyar menjadi misterius. Banyak orang yang menebak huruf M setelah L-nya Lollypop dengan nama Milshake, Marshmallow, atau Muffin. Namun ternyata beberapa waktu yang lalu Google secara resmi mengumumkan nama dari Versi Android 6.0 adalah Marshmallow. Lalu apa saja kelebihan versi terbaru Android 6.0 Marshmallow???
Berdasarkan Android M developer Preview ada beberapa fitur yang terlihat sangat berbeda di Android terbaru ini. Berikut adalah beberapa fitur yang kemungkinan akan didapat Android Marshmallow:

Izin App (App Permisions)

Izin aplikasi sekarang telah dirombak di Android M. Pengguna sekarang bisa memilih untuk menerima atau menolak izin individu. Perizinan juga telah disederhanakan.
Izin sekarang akan diminta pertama kali saat Anda mencoba untuk menggunakan fitur, tidak pada titik instalasi. 
Sebagai contoh ketika anda menggunakan aplikasi whatsapp. Ketika Anda ingin merekam pesan suara, WhatsApp akan meminta Anda dengan permintaan satu kali untuk izin untuk menggunakan mic Anda. Android M memberikan pengguna kontrol yang lebih besar dari aplikasi untuk dapat mengakses informasi, dan ini merupakan langkah yang benar-benar maju yang positif untuk Android.
Anda dapat mengubah hak akses yang diberikan kepada aplikasi kapanpun di Pengaturan Anda, atau Anda dapat melihat izin aplikasi dan apa saya izin yang diberikan.

Chrome Custom Tab

Google telah menjelajahi tren dalam konten web, bagaimana memberikan yang lebih baik untuk pengguna ketika berinteraksi dengan website dan aplikasi. Chrome Kustom Tab adalah fitur baru yang diberikan pengembang untuk memanfaatkan semua kemampuan Chrome, sambil tetap kontrol tampilan dan nuansa dari pengalaman,
Chrome Kustom Tab akan memungkinkan aplikasi untuk membuka jendela yang disesuaikan Chrome di atas aplikasi aktif, bukannya meluncurkan aplikasi Chrome secara terpisah. Ini akan memberikan akses yang  lebih cepat dan lebih intuitif kepada pengguna ketika menavigasi antara aplikasi dan web.
Chrome Kustom Tab mendukung sign-in otomatis, sandi yang disimpan, autofill, dan keamanan multi-proses untuk membantu integrasi aplikasi dan web pengalaman. Jadi, misalnya, tab kustom Pinterest akan memiliki tombol share Pinterest tertanam di dalamnya, dapat mencakup pilihan menu dan tidak memerlukan pengembang Pinterest untuk membangun web browser mereka sendiri.

Dukungan Sidik Jari (finger print)

Google akan "standarisasi dukungan" untuk scanner sidik jari pada ponsel yang menjalankan Android M. fungsi baru akan memungkinkan scanner sidik jari yang akan digunakan tidak hanya untuk membuka ponsel, namun untuk melakukan pembelian belanja di kehidupan nyata atau dalam aplikasi Play Store.
Tentu saja, perangkat Anda akan memerlukan fitur scanner sidik jari. tetapi dengan dukungan penuh Google, diharapkan fitur sidik jari akan ada di semua perangkat masa depan

Mobile Payment

Android Pay adalah sistem pembayaran mobile baru Google yang dirancang untuk membuat proses checkout lebih mudah dan lebih cepat. Google bertujuan untuk memberikan "kemudahan, keamanan, dan pilihan" dengan Android pay, yang memungkinkan Anda untuk menggunakan kartu kredit Anda yang ada untuk membayar produk di lebih dari 700.000 toko di Amerika Serikat.
Kompatibel dengan kemampuan NFC  (dan berjalan 4.4 KitKat atau di atas), platform Android pay sudah didukung oleh American Express, Visa, Mastercard, dan Discover, serta operator seperti AT & T, Verizon dan T-Mobile.

Power dan pengisian

Android M memanfaatkan fungsi baru yang dikenal sebagai Doze untuk meningkatkan perangkat waktu siaga. Dengan menggunakan detektor gerak, Android akan mengenali kapan perangkat belum berinteraksi  untuk sementara waktu, seperti ketika seseorang sedang tidur atau perangkat telah ditinggalkan di meja, untuk mengurangi proses latar belakang.
Google sudah menguji pada dua perangkat Nexus 9, satu berjalan Lollipop dan satu menjalankan preview Android M, dan ternyata hasilnya Android M akan menyediakan hingga dua kali lebih lama waktu siaga. Bahkan dalam mode Doze, Android Anda masih dapat memulai alarm atau memberitahu Anda notifikasi prioritas
Android M juga mendukung USB Type-C yang menyediakan pengisian lebih cepat, dan memungkinkan pengguna mengisi perangkat lain dengan ponsel mereka.

Visual Voicemail

Informasi yang didapat dari Android Developer Preview telah menunjukkan bahwa Android M akan mencakup layanan Visual Voicemail dapat diakses dari dialer. 
Apa visual voicemail? Ini pada dasarnya bagaimana kedengarannya: visual voicemail menyajikan pesan suara Anda dengan antarmuka visual, daripada setup audio berbasis seperti di smartphone Android saat ini - di mana Anda menelepon operator Anda dan mendengarkan instruksi. Meskipun mungkin tampak seperti tambahan kecil, fungsi membutuhkan kerjasama dari operator, yang mungkin menyarankan mengapa beberapa saat di papan.
AndroidPIT screenshot visual voicemail

Rotating Home Screen

Fitur mengejutkan lainnya adalah fungsi rotating home screen.. Sekarang Anda dapat menggunakan telepon Anda dalam format landscape baik dalam aplikasi dan pada layar awal.
AndroidPIT Android M pratinjau 2 diputar layar awal

Hapus screenshot

Versi kedua dari preview pengembang Android M telah menambahkan opsi untuk menghapus preview screenshot pada notifikasi. Sebelumnya Anda hanya memiliki pilihan untuk berbagi screenshot dari pemberitahuan. Sekarang Anda dapat menghapusnya juga.

Hapus ikon status bar

Ini mungkin fitur baru yang menurut saya sangat baik. Anda bisa mengaktifkan/menonaktifkan status bar. Jika ada ikon pada status bar yang jarang dipakai, sekarang Anda bisa menghapusnya dan menyisakan ruang di di status bar Anda.
Preview pengembang AndroidPIT Android M 2 screenshot menghapus status bar icon manager

Fitur ini tersedia dalam Sistem baru UI Tuner, yang perlu diaktifkan pada Developer Options (untuk mengaktifkan ini, pergi ke Settings> About Phone dan tekan  tujuh kali. Sekarang Anda akan melihat Developer Options di bagian bawah Pengaturan menu.)
AndroidPIT Android M pengembang pratinjau 2 mengaktifkan tuner systemui

Perubahan pada Penyimpanan  

Penyimpanan internal selalu menjadi masalah bagi pengguna smartphone. Bahkan dengan ekspansi microSD dan USB On The Go (OTG) Anda selalu harus mengawasi ruang penyimpanan yang tersedia. Versi baru dari Android M memperkenalkan garis bar sederhana yang menunjukkan berapa banyak ruang yang Anda miliki di perangkat Anda dengan rincian tentang apa yang menggunakan up penyimpanan internal Anda.
AndroidPIT Android M pengembang pratinjau 2 penyimpanan internal

Auto Backup dan Restore untuk Apps

Fitur yang cukup menarik dari Android M adalah Android Auto Backup dan Restore untuk Apps. Fitur ini akan digunakan bersama dengan Google Drive untuk secara otomatis data yang aplikasi backup dan pengaturan dengan ukuran file 25 MB atau kurang.
Backup ini terjadi tidak lebih dari sekali per hari, dan hanya menjalankan bila perangkat idle dan terhubung ke Wi-Fi dan Internet. Data yang diunggah tidak dihitung terhadap kuota penyimpanan Google Drive Anda, dan dienkripsi.
Jika Anda kehilangan perangkat atau menghapus aplikasi, data Anda sebelumnya akan dikembalikan pada saat Anda menginstalnya, dan bahkan bekerja dengan aplikasi yang diakses melalui toko aplikasi pihak ketiga.

Bagikan :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Galib01 ✔